TUGAS
PRAKTIKUM
MODUL 2
PRAKTIKUM DASAR
PEMROGRAMAN
I. DASAR
TEORI
a. Netbeans
NetBeans adalah suatu tool untuk membuat
program dengan menggunakanbahasa pemrograman Java berbasis grafis. Cara membuat program dengan
merancangtampilan menggunakan komponent visual dan proses diletakan pada
event driven.
Netbeans menyediakan sekumpulan perangkat
lunak modular yang disebut modul yangdipakai untuk membangun suatu aplikasi.
Sebuah modul adalah merupakan arsip Java(Java Archive) yang memuat kelas-kelas
Java yang berinteraksi dengan NetBeans OpenAPI . Kemudian rancangan tampilan yang dibuat menggunakan
NetBens programnyasecara otomatis akan
digenerate menjadi kode.
b. Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE untuk
mengembangkan perangkat lunak dandapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
1) Multi-platform:
Target sistem operasi Eclipse adalah MicrosoftWindows, Linux, Solaris, AIX,
HP-UX dan Mac OS X.
2) Multi-language:
Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrogramanJava, akan tetapi Eclipse
mendukung pengembangan aplikasi berbasisbahasa pemrograman lainnya, seperti
C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP,dan lain sebagainya.
3) Multi-role:
Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipsepun bisa digunakan untuk
aktivitas dalam siklus pengembanganperangkat lunak, seperti dokumentasi, test
perangkat lunak,pengembangan web, dan lain sebagainya.
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu
IDE favorit dikarenakangratis dan open source, yang berarti setiap orang
boleh melihat kodepemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari
Eclipse yangmembuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkanoleh
pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.
c. Penulisan Program di
Java, Input, Output
Gambar dibawah ini menjelaskan aliran
proses kompilasi dan eksekusi sebuah
program Java :
Langkah pertama dalam pembuatan sebuah program berbasis Java adalah
menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang
dapat digunakan antara lain : notepad, vi, emacs dan lain sebagainya. Kode
program yang dibuat kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java.
Setelah membuat dan menyimpan kode program, kompilasi file yang berisi
kode program tersebut dengan menggunakan Java Compiler. Hasil dari kompilasi
berupa berkas bytecode dengan ekstensi .class.
Berkas yang mengandung bytecode tersebut kemudian akan
dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis
dan platform yang digunakan.
d.Operator: Assigment, Matematika, Perbandingan, Logika
1) Assignment
Adalah operator yang menggunakan tanda sama dengan (=) untuk mengisi sebuah nilai dalam suatu variabel.
Adalah operator yang menggunakan tanda sama dengan (=) untuk mengisi sebuah nilai dalam suatu variabel.
2) Matematika
Adalah
operator yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika. Beberapa
operator aritmatika antara lain:
* : untuk perkalian
+ : untuk penjumlahan
- : untuk pengurangan
/ : untuk pembagian
% : untuk
sisa pembagian (modulus)
3) Perbandingan
Adalah operator yang
digunakan untuk membandingkan dua buah nilai atau operand. Operator
perbandingan ini antara lain:
< : untuk kurang dari > : untuk lebih dari
<= : untuk kurang dari atau sama dengan
>= : untuk lebiih dari atau sama dengan
== : untuk sama dengan
!= : untuk tidak sama dengan
<> : untuk
tidak sama dengan
4) Logika
Adalah
operator yang digunakan untuk melakukan operasi logika yaituoperator yang
menghasilkan nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah). Bebarapa macam operator
logika antara lain:
and : menghasilkan nilai TRUE jika kedua operand bernilai
TRUE
or : menghasilkan nilai TRUE jika salah satu operand bernilai
TRUE
xor :
menghasilkan nilai TRUE jika salah satu operand bernilai TRUE tetapi bukan
kedua duanya bernilai TRUE
! : menghasilkan nilai
tidak TRUE
&& : menghasilkan nilai TRUE jika kedua operand
bernilai TRUE
|| : menghasilkan nilai TRUE jika salah satu operand bernilai
TRUE
e.
Tingkatan Operator
Java
memiliki 44 operator, yang terbagi dalam 4 jenis dasar, yaitu operator aritmatik,
bitwise, relasi, dan logika.
f.
Percabangan (if,
if....else, if...elseif...., switch)
1)
IF
IF sederhana merupakan kombinasi antara IF – THEN, hanya mengakomodasi alternative kondisi bernilai TRUE saja.
IF sederhana merupakan kombinasi antara IF – THEN, hanya mengakomodasi alternative kondisi bernilai TRUE saja.
Syntax
dari IF sederhana:
IF
kondisi THEN statement_true;
IF
kondisi THEN
BEGIN
Statement1_true;
Statement2_true;
END;
2)
IF
Else
Jika pada IF sederhana, kondisi
salah tidak akan melaksanakan
apapun maka pada IF dengan
alternatif – yang merupakan kombinasi IF – THEN – ELSE – kondisi salah akan
mempunyai statement yang dilaksanakan. Sebagai
ilustrasi, perhatikan kembali
Listing Program 3 – 1, ada kondisi yang merupakan kebalikan yaitu:
a bernilai TRUE dan not a bernilai FALSE
a bernilai TRUE dan not a bernilai FALSE
Pada
saat dilaksanakan sebenarnya
statement setelah IF
not a THEN ...,
tidak akan dilaksanakan, karena
nilai a:=TRUE. Cobalah
untuk mengganti a:=FALSE,
maka statement setelah IF a THEN … -lah yang tidak akan dilaksanakan.
Sebenarnya kedua IF
sederhana tersebut dapat diringkas dengan
IF – THEN – ELSE yang syntaxnya:
IF kondisi THEN statement_true
ELSE statement_false;
IF kondisi THEN
BEGIN
END
ELSE
statement1_true;
Statement2_true;
BEGIN
Statement1_false;
Statement2_false;
END;
3)
IF
Else if
IF
kompleks disebabkan adanya
kondisi yang mempunyai
lebih dari dua
alternativejawaban. Syntaxnya adalah
IF
kondisi1 THEN statement_kondisi1_true
ELSE
IF kondisi2
THEN
statement_kondisi1_false_kondisi2_true;
ELSE
statement_ kondisi1_false_kondisi2_false;
IF
kondisi1 THEN
BEGIN
statement1_kondisi1_true;
Statement2_kondisi1_true;
END
ELSE
IF kondisi2 THEN
BEGIN
Statement1_kondisi1_false_kondisi2_true;
Statement2_kondisi1_false_kondisi2_true;
END
ELSE statement_kondisi1_false_kondisi2_false;
4)
Switch
Dipakai pada saat kita ingin memberikan
kondisi dengan beberapa syarat yang identik yang masing-masing mempunyai
pernyataan yang berbeda-beda. Pada Java, nilai yang dilewatkan pada switch harus
bertipe int, short, byte atau char. Sintaks dari switch adalah sebagai berikut:
switch (ekspresi) {
case nilai1:
Pernyataan1;
break;
case nilai2:
Pernyataan2;
break;
default:
Pernyataan3;
}
Ketika ekspresi bernilai nilai1, maka alur
program akan mengeksekusi pernyataan1. Selanjutnya break menyebabkan alur
program keluar dari daerah switch. Kalau ekspresi bernilai nilai2, maka alur
program akan mengeksekusi Pernyataan2. Apabila ekspresi mempunya nilai yang
tidak sama dengan nilai1 dan nilai2, maka alur program akan menuju ke bagian
default dan kemudian mengeksekusi Pernyataan3.
II.SOAL PRAKTIKUM
1.
Tuliskan
algoritma untuk mencari sisi miring dari suatu segitiga siku-siku jika
diketahui diketahui panjang dua sisi yang membentuk sudut siku-siku.
Petunjuk: sisi
miring segitiga siku-siku dapat dihitung dengan rumus pythagoras,
2.
Tuliskan
algoritma untuk menampilkan banyaknya pecahan uang paling efisien dari sejumlah
uang yang di inputkan oleh pengguna.
Pecahan uang yang digunakan: 100.000, 50.000, 20.000, 10.000, 5.000,
2.000, 1.000, 500, 200, dan 100.
Contoh,
untuk uang Rp 12.500, diperlukan 1 lembar 10.000, 1 lembar 2.000, dan 1 koin
500.
Input : jumlah uang
Output : banyaknya pecahan uang
3.
Buat
algoritma untuk mengkonversi bilangan dalam format desimal menjadi biner.
Input : bilangan desimal
Output : bilangan biner
Ilustrasi:
4.
Untuk menentukan
bonus pegawai, berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh bagian personalia dan
keuangan sebagai berikut : Pegawai perusahaan digolongkan menjadi dua golongan,
yaitu staf dan non staf. Staf akan mendapatkan bonus sebesar 1 juta rupiah
dengan syarat bahwa ia telah bekerja paling tidak 5 tahun dan umurnya sudah
mencapai 50 tahun; staf yang bekerja kurang dari 5 tahun dan berapapun umurnya,
hanya mendapat bonus sebesar Rp. 500.000. Pegawai non staf yang telah bekerja
lebih dari 5 tahun akan mendapat bonus sebesar Rp. 400.000 jika berumur lebih
dari 50 tahun sedangkan pegawai non staf yang berumur kurang dari 50 tahun
hanya mendapat bonus Rp. 250.000. Pegawai staf yang umurnya kurang dari 50
tahun akan mendapat bonus Rp. 300.000.
Buat algoritmanya?
5.
Tarif
pemasangan iklan baris di sebuah Surat Kabar ditentukan sebagai berikut :
-
Hari : Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan
Jumat, per baris Rp. 33.000,-
-
Hari : Sabtu, per baris Rp. 40.000,-
Buatlah algoritma untuk menghitung total biaya iklan
baris yang harus dibayar oleh pengiklan.
Input : -
Hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat atau Sabtu)
- Jumlah baris yang dipakai
Output : Total biaya iklan yang harus dibayar
pengiklan
Tuliskan
algoritma untuk kasus diatas dalam bentuk flowchart.
6.
Info
Harga Tiket Masuk bioskop Surabaya City adalah sebagai berikut :
-
Senin –
Kamis : Rp 15.000,-
-
Jumat
s/d Minggu : Rp 35.000,-
-
Hari
Libur : Rp 35.000,-
Input :
- Hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis,
Jumat atau Sabtu)
-
Libur atau Tidak Libur
-
Jumlah tiket yang dibeli
Output : Total biaya
tiket
Pertanyaan: Buat
algoritma untuk menghitung total biaya tiket .
7.
Di
sebuah perbelanjaan di Surabaya diadakan Pekan Diskon, dimana perhitungan bonus
dihitung bertingkat untuk total belanja senilai :
-
Rp.
150.000,- diskonnya
: 10%
-
Rp.
275.000,- diskonnya
: 15%
-
Rp.
300.000,- diskonnya
: 20%
-
Rp.
400.000,- ke atas diskonnya : 25%
Diskon tidak dihitung sebagai akumulasi dari diskon
nilai belanja dibawahnya.
Buatlah algoritma untuk menghitung berapa nilai yang
harus dibayar oleh pelanggan dengan total nilai belanja tertentu bila
disertakan pula perhitungan diskonnya.
Input :
Total nilai belanja.
Output : Nilai Diskon (dalam
rupiah/bukan persen), Nilai yang harus dibayar
8.
Berikut
ini adalah ketentuan untuk menghitung nilai, dan konversi menjadi nilai huruf.
Ketentuannya:
Nilai=((rata-rata
tugas*30%)+(UTC*30%)+(UAC*40%))
Input = tugas1,tugas2,tugas3,UTC,UAC
Output = Nilai
Akhir dan Nilai Huruf.
‘A’ jika nilai > 80 dan nilai <= 100
‘AB’ jika nilai > 70 dan nilai <= 80
‘B’ jika nilai > 65 dan nilai <= 70
‘BC’ jika nilai > 60 dan nilai <= 65
‘C’ jika nilai > 55 dan nilai <= 60
‘AB’ jika nilai > 70 dan nilai <= 80
‘B’ jika nilai > 65 dan nilai <= 70
‘BC’ jika nilai > 60 dan nilai <= 65
‘C’ jika nilai > 55 dan nilai <= 60
’D’ jika nilai > 40 dan nilai <= 55
’E’ jika nilai > 0 dan nilai <= 40
9.
Berikut
ini adalah tarif pemakaian Air PDAM Kota Surabaya
Jumlah Pemakaian (m3) Harga/m3
Pemakaian I (
< 50 m3) Rp.
200,-
Pemakaian II ( 51 – 150 ) Rp.
500,-
Pemakaian III ( 151 – 300 ) Rp.
1.000,-
Pemakaian I V (
> 300 m3 ) Rp. 1.500,-
Input :
Jumlah Pemakaian
Output :
Besar biaya yang harus dibayar
Jumlah Pemakaian = 500 m3
Pemakaian I ( s/d 50
m3) Rp. 200,- * 50 = Rp. 10.000,-
Pemakaian II ( 51 – 150 ) Rp.
500,- * 100 = Rp. 50.000,-
Pemakaian III ( 151 – 300 ) Rp. 1.000,- * 150 = Rp. 150.000,-
Pemakaian IV ( >
300 m3 ) Rp. 1.500,- * 200 = Rp. 300.000,-
Biaya
Total Rp.
510.000,-
Pertanyaan:
Buat algoritma untuk kasus diatas.
10.
Sebuah
perusahaan kartu kredit memberikan cash back kepada nasabahnya berdasarkan
jumlah nilai pemakaian kartu kredit selama sebulan.
Nilai pemakaian cash back
--------------------- ----------
s.d 1.000.000 5%
1.000.000 – 10.000.000 6%
10.000.000 – 25.000.000 7%
Diatas 25.000.000 8%
Ilustrasi: seorang nasabah yang total
pemakaian selama sebulan 18.000.000, maka cash backnya=
5%x1.000.000+6%x9.000.000+7%x8.000.000 = 160.000
Buat algoritma untuk menghitung cash back
yang diterima nasabah berdasarkan nilai pemakaian kartu kredit.
Jawab :
1. Algoritmanya :
1. Algoritmanya :
a. Baca
nilai sisi A
b. Baca
nilai sisi B
c. Sisi C =
Sqrt(A^2+B^2)
d. Tampilkan nilai sisi A, Sisi B, Sisi C.
Misalkan akan dilakukan
pertukaran isi nilai A dan nilai B.
Jika sebelum pertukaran nilai A = 8 dan nilai B = 10, maka setelah
pertukaran, nilai A = 10 dan nilai B = 8. Penyelesaian permasalahan diatas adalah melakukan
langkah sebagai berikut :
a.
Isikan nilai A ke B
(B←A)
b.
Isikan nilai B ke A
(A←B)
Langkah-langkah diatas tidak akan
menghasilkan pertukaran yang benar, karena akan dihasilkan nilai B = 8 dan
nilai A = 8. Sehingga langkah-langkah diatas adalah salah, dalam hal ini tidak
menyelesaikan permasalahan.
Untuk mempertukarkan kedua nilai,
diperlukan sebuah peubah pembantu
sebagai tempat penampungan sementara.
Sehingga
langkah-langkah pertukaran adalah sebagai berikut :
a. Simpan nilai A di tempat penampungan C (C←A)
b. Isikan nilai B ke nilai A (A←B)
c. Isikan nilai C ke
nilai B (B←C)
2. Algoritmasoal nomor 2
:
a. Masukkan jumlah uang yang
mau dihitung
b. Periksa jumlah uang yang
dimasukkan.
c. Inisialisasi jumlah uang.
d. Lakukan perulangan dan pengkondisian sesuai dengan banyak
pecahan yang ingin di keluarkan.
e. Lalu output dapat
dikeluarkan sesuai kebutuhan.
3. Algoritma soal nomor 3 :
a.
Mulai
b.
Baca desimal
c.
Desimal=desimal div 2
d.
Sisa= desimal mod 2
e.
d= d*2
f.
biner= biner + sisa * d sebelumnya
g.
jika desimal 0 pergi ke 9
h.
pergi ke 3
i. cetak
biner 1056233
j.selesai
4.
Algoritmasoal nomor 4 :
a. Input 4 data : nama, status kerja, masa kerja, usia.
a. Input 4 data : nama, status kerja, masa kerja, usia.
b. Jika
pilhan Status kerjanya Staff, masa kerja lebih dari 5 tahun dan umur diatas 50
tahun maka mendapatkan bonus sebesar 1.000.000.
c. Selain umur kurang dari 50 tahun dan statusnya Staff maka mendapatkan
bonus 300.000
d.
Dan jika staf bekerja kurang dari 5 tahun dan berapapun umurnya mendapatkan
bonus 500.000
e. Cek status non staff
f. Jika
masa kerja lebih dari 5 tahun dan umur lebih dari 50 tahun maka mendapatkan
bonus sebesar 400.000
g. Selain non staf berumur kurang
dari 50 tahun mendapatkan bonus 250.000
5. Algoritmansoal nomor 5
:
a. Masukkan Hari dan jumlah
baris
b. Jika Hari minggu, senin,
selasa,rabu,kamis, jumat
c. Maka total biayanya,
jumlah baris dikalikan 33.000
d. Dan jika hari sabtu
e. Maka total biayanya,
jumlah baris dikalikan 40.000
f. Output : Total biaya iklan
6. Algoritmasoal
nomor 6 :
a. Masukkan data hari dan
jumlah tiket.
b. Jika hari = Senin, Selasa,
Rabu, Kamis.
c. Maka Total Biaya Tiket
= jumlah tiket * 15000
d. Jika hari = Jumat, Sabtu,
Minggu dan Libur.
e. Maka Total Biaya Tiket =
jumlah tiket * 35000
f. Output Total biaya tiket.
7. Algoritmasoal nomor 7
:
a. Masukkan total belanja.
b. Periksa jumlah total
belanja.
c. Jika total belanja :
1) Rp 150.000
maka diskon 10%
2) Rp 275.000
maka diskon 15%
3)Rp 300.000
maka diskon 20%
4) Rp 400.000
maka diskon 25%
d. Hitung nilai diskon =
total belanja * diskon
e. Hitung nilai yang harus
dibayar = nilai total belanja - nilai diskon.
f. Output: Nilai diskon dan
nilai yg harus dibayar.
8. Algoritmasoal nomor 8
:
a. Masukkan 5 nilai (nilai
tugas1,tugas2,tugas3,UTC,UAC)
b. Hitung nilai rata - rata
tugas =
nilai tugas1+tugas2+tugas3 / 3.
c. Lalu hitung semua nilai :
Nilai=((rata-rata
tugas*30%)+(UTC*30%)+(UAC*40%))
d. Seleksi nilai akhir.
e. Jika nilai akhir :
> 80 dan <=100
maka nilai huruf = A
> 70 dan <=80
maka nilai huruf = AB
> 65 dan <=70
maka nilai huruf = B
> 60 dan <=65
maka nilai huruf = BC
> 55 dan <=60
maka nilai huruf = C
> 40 dan <=55
maka nilai huruf = D
> 0 dan <=40
maka nilai huruf = E
f. Output : hasil nilai akhir
dan hasil seleksi nilai huruf
9. Algoritma soal nomor 9 :
a. Masukkan Jumlah Pemakaian
Air.
b. Hitung jumlah
nilai/pemakaian yang dimasukkan :
1) Seleksi jika pemakaian <0, maka
Biaya total = Jumlah * 0.
2) Seleksi jika pemakaian <= 50, maka
Biaya total = Jumlah * 200
3) Seleksi jika pemakaian <= 150, maka
Biaya total
= ((50 * 200) + ((jumlah - 50) * 500))
4) Seleksi jika pemakaian <= 300, maka
Biaya Total = ((50 * 200) + (100 * 500) + ((jumlah - 150) * 1000)).
5)Seleksi jika pemakaian >
300, maka
Biaya Total = ((50 * 200)
+ (100 * 500) + (150 * 1000) + ((jumlah - 300) * 1500))
c. Output : Biaya Total
10. Algoritmasoal nomor 10 :
a.
Ambil input user untuk memasukkan jumlah pemakaian Kartu
Kredit
1) Masukkan
ke variabel string pemakaian
2) Jika panjang inputan string pemakaian lebih dari 0,
atau dengan kata lain
b.
user telah menginputkan value,ubah input string pemakaian
menjadi bilangan dengan nama variabel
c.
int jml_pemakaian,memberikan nilai default pada variabel pemakaian1
dengan,
d.
pemakaian1= 1000.000.Jika nilai pada variabel jml_pemakaian
<= 1.000.000
e.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian1 dengan,pemakaian1=
jml_pemakaian.Atau jika nilai pada variabel jml_pemakaian > 1.000.000, dan
nilai
pada variabel jml_pemakaian <= 10.000.000
f.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian1 dengan,pemakaian1=
1.000.000
g.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian2 dengan,pemakaian2=
jml_pemakaian – 1.000.000 atau jika nilai pada variabel jml_pemakaian >
10.000.000, dan nilaipada variabel jml_pemakaian <= 25.000.000
h.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian2 dengan,pemakaian2=
10.000.000
i.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian3 dengan,pemakaian3=
jml_pemakaian – 25.000.000.Atau jika nilai pada variabel jml_pemakaian >
25.000.000
j.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian2 dengan,pemakaian2=
10.000.000
k.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian3 dengan,pemakaian3=
25.000.000
l.
Memberikan nilai pada variabel pemakaian4 dengan,pemakaian4=
jml_pemakaian – 25.000.000
m.
Memberikan nilai pada variabel cash_back_total
dengan,cash_back_total=(pemakaian1*5/100)+(pemakaian2*6/100)+(pemakaian3*7/100)+(pemakaian4*8/10)
n.
Cetak output dengan format, "Seorang nasabah yang total
selamasebulan "+jml_pemakaian+", maka total cash
backnya="+cash_back_total.Atau Jika panjang inputan tidak lebih dari 0,
atau dengan kata lain userbelum menginputkan value
o.
Cetak output “Ada salah satu masukan yang kosong”
p.
Stop proses
III. FLOWCHART
1. Flowchart untuk
mencari sisi miring dari suatu segitiga siku-siku
2.
Flowchart untuk menampilkan banyaknya pecahan uang
paling efisien dari sejumlah uang yang di inputkan oleh pengguna.
3. Flowchart untuk mengkonversi bilangan
dalam format desimal menjadi biner.
4.
Untuk menentukan bonus pegawai, berdasarkan
ketentuan yang diberikan oleh bagian personalia dan keuangan sebagai berikut :
Pegawai perusahaan digolongkan menjadi dua golongan, yaitu staf dan non staf.
Staf akan mendapatkan bonus sebesar 1 juta rupiah dengan syarat bahwa ia telah
bekerja paling tidak 5 tahun dan umurnya sudah mencapai 50 tahun; staf yang
bekerja kurang dari 5 tahun dan berapapun umurnya, hanya mendapat bonus sebesar
Rp. 500.000. Pegawai non staf yang telah bekerja lebih dari 5 tahun akan
mendapat bonus sebesar Rp. 400.000 jika berumur lebih dari 50 tahun sedangkan
pegawai non staf yang berumur kurang dari 50 tahun hanya mendapat bonus Rp.
250.000. Pegawai staf yang umurnya kurang dari 50 tahun akan mendapat bonus Rp.
300.000.
Flowchartnya
Adalah?
5.
Flowchart untuk menghitung
total biaya iklan baris yang harus dibayar oleh pengiklan.
6.
Flowchart untuk menghitung total biaya tiket
7.
Buatlah algoritma untuk menghitung berapa nilai yang
harus dibayar oleh pelanggan dengan total nilai belanja tertentu bila
disertakan pula perhitungan diskonnya.
8.
Flowchart untuk menghitung
nilai, dan konversi menjadi nilai huruf
9. Flowchart
untuk untuk soal nomor 9
10. Flowchart soal nomor 10
IV. SOURCE CODE & OUTPUT PROGRAM
1. Source
Code dari soal nomor 1
Output :
2.
Source Code Soal Nomor 2
Output Program :
3.
|
Source Code Soal Nomor 3
Output Program :
4.
Source Code soal nomor 4
|
Output Program :
5. Source Code
soal nomor 5
Output Program :
6.
Source Code soal nomor 6
Output Program
7. Sorce Code
soal nomor 7
Output Program
8. Source Code
soal nomor 8
Output Program
9. Source Code
soal nomor 9
Output Program
10. Source Code
soal nomor 10
Output Program
DAFTAR PUSTAKA
http://blog.binadarma.ac.id/fatoni/wp-content/uploads/2011/10/bab1.doc
Modul Pemrograman Berbasis Obyek :
Modul Pemrograman Berbasis Obyek :
JENI-Intro1-Bab01-Pengenalan
Pemrograman Komputer.pdf
JENI-Intro1-Bab02-Pengenalan
Bahasa Java.pdf
JENI-Intro1-Bab03-Mengenali
Lingkup Pemrograman Anda.pdf
JENI-Intro1-Bab04-Dasar-Dasar
Pemrograman.pdf
JENI-Intro1-Bab05-Mendapatkan
Input dari Keyboard.pdf
JENI-Intro1-Bab06-Struktur
Kontrol.pdf